Buah Bit

Nama Tanaman
:
Bit
Nama Ilmiah
:
Beta vulgaris
Dataran
:
Tinggi
Panen Pertama
:
56 – 85 (Hari Setelah Tanam)
Nama Populer Lain
:
Beetroot

Deskripsi Produk

Bit (Beta vulgaris) adalah tanaman dari jenis umbi-umbian yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan dengan cara di ambil dan di oleh umbinya. Manfaat buah bit yang dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, dijus, atau dimakan mentah ini pun sangat banyak.
Buah bit biasanya berbetuk bulat atau oval dengan warna merah gelap yang tumbuh di dalam tanah.

Buah Bit biasanya di tanam dan sangat cocok di bududayakan pada daerah dataran tinggi dengan suhu yang relatif lebih sejuk. Manfaat buah bit bisa didapatkan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, sodium, dan zat besi. Bit rendah lemak dan kalori, dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Bit juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi efek peradangan.

Kandungan Gizi

Dalam 100 gram Buah Bit mentah terdapat kandungan gizi sebagai berikut :

Karbohidrat : 9,56 g Vitamin A : 2 μg
Energi : 43 kkal Vitamin C : 4,9 mg
Protein : 1,61 g Vitamin E (α-tokoferol) : 0,04 mg
Serat : 2,8 g Vitamin K (filokuinon) : 0,2 μg
Kalium : 325 mg Tiamina (vitamin B1) : 0,031 mg
Fosfor : 40 mg Riboflavin (vitamin B2) : 0,040 mg
Magnesium : 23 mg Niasin (Vitamin B3) : 0,334 mg
Kalsium : 16 mg Asam pantotenat (Vitamin B5) : 0,155 mg
Kolina : 6 mg Vitamin B6 (Piridoksina) : 0,067 mg
Zat Besi : 0,80 mg Folat Total (Vitamin B9) : 109 μg
Selenium : 0,7 μg
Zinc : 0,35 mg

Sumber : USDA

Manfaat Buah Bit

Mengonsumsi “Buah Bit mentah” secara teratur sesuai AKG (Angka Kecukupan Gizi) atau sesuai kebutuhan gizi per hari dari Kemenkes RI, bermanfaat untuk kesehatan seperti berikut  :

  1. Membantu mencegah resiko terjadinya hipertensi (Tekanan darah Tinggi) dan juga menjaga gula darah tetap stabil, karena dalam bit mengandung tinggi Kalium, Mangan dan Folat.
  2. Bagi perempuan yang sedang datang bulan, mengkonsumsi bit dapat membatu mengurangi nyeri Haid, manfaat lain dari tingginya mangan dalam bit.
  3. Manfaat lain dari mangan adalah berperan penting dalam produksi kolagen dan elastin, bit bagus untuk menja kulit tetap sehat.
  4. Buah Bit juga tinggi akan kandungan Foat, Mangan dan selenium, sehingga mengkonsumsi buah bit secara rutin terutama untuk ibu hamil bagus untuk membantu menjaga kesehatan dan membantu perkembangan janin.
  5. Membantu fungsi otak dan memberikan manfaat neurologis sehingga dapat mencegah kepikunan.Manfaat dari tingginya mangan, Kalium, kolina, dan Folat.
  6. Buah bit cukup tinggi menganduk mangan dan kalium, sehingga bagus untuk kesehatan tulang, meminimalkan resiko tulang keropos dan radang sendi lutut
  7. Seperti di ketahui, buah bit juga bermanfaat senagai antioksidan. Sehingga sangat bagus untuk memperkuat imunitas tubuh dan menangkal berbagai radikal bebas.
  8. Buah Bit, juga tinggi akan serat dan mangan. Sehingga bisa membantu melancarkan perncernaan dan metabolisme dalam tubuh. Sehingga bisa mengurangi resiko kanker terutama kanger usus besar.

Cara Konsumsi Buah Bit

Bit dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, dijus, atau dimakan mentah. Umbi yang berwarna merah keunguan dapat dimakan secara langsung sebagai bagian dari salad yang dicampur dengan sayuran lain, atau juga direbus dan dipanggang.

Karena warnanya yang merah keunguan yang kuat, selain untuk makanan, juga digunakan sebagai pewarna makanan dan pengobatan alami.

Business Inquiry?

Kami menyediakan produk untuk B to B dalam negeri maupun ekspor.

Email
Whatsapp
2020-09-04T05:11:59+00:00
ArabicEnglishIndonesian