Wortel

Nama Tanaman
:
Wortel
Nama Ilmiah (Spesies)
:
Daucus carota
Dataran
:
Rendah – Tinggi
Panen Pertama
:
60 – 85 (Hari Setelah Tanam)
Nama Inggris
:
Carrot

Deskripsi Produk

wortel ( Daucus carota ) merupakan sayuran akar , biasanya berwarna oranye, meskipun ada juga yang berwarna ungu, hitam, merah, dan putih.  Wortel mungkin berasal dari Persia dan pada awalnya dibudidayakan untuk diambil daun dan bijinya. Bagian wortel yang paling sering dimakan adalah bagian akar , meskipun batang dan daunnya juga dimakan. Wortel domestik telah dibiakkan secara selektif karena akar tunggangnya yang lebih besar, lebih enak, dan bertekstur kayu lebih sedikit.

Wortel mengandung alfa- dan beta-karoten dalam jumlah tinggi , dan merupakan sumber vitamin A, Vitamin K dan vitamin B6 yang baik, sehingga wortel di kenal dengan sayuran yang baik dikonsumsi untuk kesehatan mata.

Kandungan Gizi

Dalam 100 gram wortel mentah terdapat kandungan gizi sebagai berikut :

Energi : 41 kkal Vitamin A : 835 μg
Karbohidrat (Total) : 9,58 g Vitamin C : 5,9 mg
Protein : 0,93 g Vitamin E (α-tokoferol) : 0,66 mg
Serat : 2,8 g Vitamin K (filokuinon) : 13,2 μg
β-karoten (Beta-carotene) : 8.285 μg Tiamina (vitamin B1) : 0,066 mg
Kalium : 320 mg Riboflavin (vitamin B2) : 0,058 mg
Fosfor : 35 mg Niasin (Vitamin B3) : 0,983 mg
Kalsium : 33 mg Asam pantotenat (Vitamin B5) : 0,273 mg
Magnesium : 12 mg Vitamin B6 (Piridoksina) : 0,138 mg
Kolina : 9 mg  Folat Total (Vitamin B9) : 19 μg
Zat Besi : 0,30 mg
Zinc : 0,24 mg
Mangan : 0,143 mg
Selenium : 0,1 μg

Sumber : USDA

Manfaat Wortel

Mengkonsumsi “Wortel, mentah” secara teratur sesuai AKG (Angka Kecukupan Gizi) atau sesuai kebutuhan gizi per hari dari Kemenkes RI, bermanfaat untuk kesehatan seperti berikut  :

  1. Manfaat wortel yang paling dikenal oleh masyarakat adalah membantu menjaga fungsi penglihatan (mata). Selain itu wortel juga bermanfaat untuk meminimalkan kerjadinya katarak. Manfaat ini di peroleh karena wortel cuckup tinggi mengandung Vitamin A, α-karoten, β-karoten dan Vitamin E.
  2. Wortel bermanfaat juga untuk membantu dan meningkatkan sistem pencernaan, hal ini terjadi karena wortel cukup banyak mengandung serat.
  3. Wortel juga kaya akan antioksidant, yang sanagt bagus bagi tubuh untuk menangkal berbagai radikal bebas. Manfaat dari tingginya kandungan α-karoten, β-karoten, Vitamin A, Vitamin E, dan Vitamin B5.
  4. Wortel juga berperan dalam membantu meningkatkan konsentrasi dalam berfikir, kareana cukup tinggi mengandung Vitamin B6, Kolina dan Vitamin E
  5. Manfaat dari tingginya kalium, Vitamin B5, dan Juga Vitamin A adalah mengkonsumsi wortel bisa membantu Menunjang kesehatan tulang.
  6. Manfaat lain dari β-karoten dan Niasin (B3) adalah menkonsumsi wortel secara teratur bisa membantu menjaga kesehatan kulit, dan membantu mencegah kulit keriput (Penuaan dini)
  7. Niasin pada wortel juga bermanfaat untuk membantu menurunkan Kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Cara Konsumsi Wortel

Wortel bisa dimakan dengan berbagai cara. Hanya 3 persen β-karoten dalam wortel mentah yang dilepaskan selama proses pencernaan, hal ini dapat ditingkatkan hingga 39% dengan cara di memasak. Sebagai alternatif, wortel bisa direbus, dikukus, dan dimasak dalam sup, serta bisa juga di buat bubur wortel.
Manisnya wortel memungkinkan sayuran digunakan dalam beberapa fungsi seperti buah . Wortel juga bisa digunakan sendiri atau dicampur dengan buah-buahan seperti dalam selai dan jus wortel.

Business Inquiry?

Kami menyediakan produk untuk B to B dalam negeri maupun ekspor.

Email
Whatsapp
2020-09-04T06:17:20+00:00
ArabicEnglishIndonesian